Akibat Alergi Dingin

Akibat Alergi Dingin

Akibat Alergi Dingin
Pernahkan anda mengalami alergi? Memang tidak semua orang mengalaminya. Akan tetapi, sebagian besar orang mengalami alergi. Beberapa akibat alergi pun juga beranekaragam tergantung pada sesuatu hal yang menyebabkan alergi. Salah satu hal yang bisa menimbulkan alergi adalah suhu dingin. Cuaca memang tidak pernah bisa diperdiksi dengan baik. Berbeda dengan alergi makanan yang bisa dihindari dengan tidak mengkonsumsinya. Lalu, bagaimana dengan alergi dingin? Alergi dingin ini akan timbul berdasarkan cuaca yang sedang terjadi. Sebelum membahas lebih dalam mengenai alergi dingin, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu alergi. Alergi merupakan suatu bentuk perlawanan dari sistem kekebalan tubuh karena ada sesuatu hal yang dianggap berbahaya dan mengancam. Nah, perlawanan inilah yang menyebabkan timbul gejala alergi pada tubuh. Yang perlu kita ketahui adalah ada gejala yang muncul secara cepat ada juga yang secara lambat. Akan tetapi, untuk alergi dingin ini rata-rata munculnya secara cepat dan berhubungan dengan kulit. Alergi dingin sendiri memiliki nama medis yaitu urtikaria dingin. Dalam kasus ini, kulit akan bereaksi terhadap suhu yang dingin kemudian menyebabkan adanya kemunculan rasa gatal dan kemerahan pada kulit. Yang seringkali menyebabkan kemerahan pada kulit muncul adalah garukan karena tidak tahan terhadap rasa gatal yang dirasakan. Tingkat keparahan alergi dingin setiap orang berbeda-beda. Mengapa? Karena daya tahan tubuh setiap orang juga berbeda. Sehingga kemampuan untuk melawan dingin akan sangat berbeda satu dengan yang lainnya.

Akibat alergi dingin ini bisa menimbulkan dampak yang beranekaragam. Namun, ternyata alergi dingin tidak bisa disepelekan begitu saja. Atau bahkan dianggap remeh. Karena sudah banyak kasus yang terjadi kematian akibat alergi dingin. Dampak yang cukup ringan mungkin kehilangan kesadaran dan turunnya tekanan secara drastis. Tekanan darah merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk tubuh sehingga harus selalu stabil. Jika memang mengalami kenaikan ataupun penurunan dengan angka yang sewajarnya. Mengapa? Karena bisa menimbulkan munculnya penyakit yang lainnya. Karena tekanan darah turun secara drastis, sudah bisa dipastikan orang tersebut akan merasa pusing dan lemas. Jika pusing dan lemas memang sudah tidak bisa tertahankan, lalu hilanglah kesadaran untuk sementara. Memang alergi tidak bisa dianggap remeh. Meskipun tidak bisa disembuhkan secara total, tetapi paling tidak bisa melakukan suatu hal yang akan membuatnya merasa lebih baik dibandingkan sebelumnya. Sudah banyak cara herbal maupun medis yang akan sangat membantu dalam mengurangi keparahan alergi. Jika memang sudah mengetahui bahwa dirinya memiliki alergi, akan lebih baik memperhatikan kesehatan dan daya tahan tubuh. Jangan sampai terlalu lelah. Karena alergi jika menyerang ketika diri seseorang sedang lemah, maka tingkat keparahannya akan lebih tinggi dibandingkan alergi yang menyerang pada orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Namun, bagaimana jika tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki alergi terhadap suhu dingin? Caranya sangat mudah. Ketahui beberapa gejalanya agar anda bisa lebih mudah mendeteksi apakah memiliki penyakit alergi dingin atau tidak.

Gejala yang timbul akibat alergi dingin yang pertama bisa dilihat dari tangan. Ketika cuaca sudah mulai dingin, tangan akan mulai membengkak. Bahkan, jika anda memegang beberapa benda yang suhunya sangat dingin pun hal ini bisa terjadi. Jadi, tidak sepenuhnya alergi dingin ini dikarenakan cuaca. Bisa juga karena benda-benda dingin atau makanan yang suhunya sangat dingin contohnya es krim. Lalu gejala yang kedua adalah munculnya beberapa bilur yang sangat gatal pada kulit yang mengenai sebuah benda dingin. Jika sudah muncul gejala yang satu ini, disarankan untuk tidak menggaruknya. Apalagi jika anda memiliki kuku yang panjang. Bukannya mengurangi rasa sakit, justru akan menambah rasa sakit karena luka yang timbul karena garukan tersebut. Bahkan, beberapa orang ada yang lukanya sampai berdarah. Dalam kasus ini pasti akan membutuhkan obat dalam maupun luar agar bisa mengurangi rasa sakit alergi maupun luka garukan. Kemudian, gejala yang selanjutnya ini hanya bisa dirasakan oleh orang yang memiliki alergi dingin. Bibir dan juga tenggorokan akan terasa bengkak lebih besar dibandingkan dengan biasanya. Rata-rat kasus ini terjadi karena orang tersebut telah mengkonsumsi makanan atau minuman yang sangat dingin dan memicu timbulnya alergi dingin. Gejala yang terakhir adalah kulit berubah warna. Kulit akan menjadi kemerahan. Gejala ini merupakan sebuah gejala alergi yang sangatlah umum. Hampir semua jenis alergi akan mengalami gejala yang satu ini. Nah, jika anda benar mengalami beberapa gejala tersebut, maka sudah bisa diperkirakan bahwa anda memiliki penyakit alergi dingin. Akan lebih baik jika melakukan konsultasi dengan dokter. Tujuannya agar tidak semakin parah dan beresiko mengancam nyawa seperti beberapa kasus yang sudah terjadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akibat Alergi Dingin"

Posting Komentar