Tips Memilih Sandal Gunung yang Tepat saat Hiking

Tips Memilih Sandal Gunung yang Tepat saat Hiking
Tips Memilih Sandal Gunung yang Tepat saat Hiking

Mendaki adalah salah satu hal yang menyenangkan. Bagaimana tidak, dengan mendaki Anda bisa memperoleh banyak pengalaman baru dan bisa bersentuhan langsung dengan alam. Namun, saat mendaki Anda harus menggunakan sandal gunung yang tepat. Tujuannya, tentu saja agar kaki Anda aman dan nyaman saat pendakian.

Sebab, jalan gunung itu tak semulus jalan raya yang biasa Anda lewati setiap hari. Jalan gunung biasanya mendaki, terjal, cadas dan terkadang licin saat hujan. Menggunakan sandal yang pas pastinya akan sangat membantu Anda di saat pendakian. Lalu, bagaimana caranya memilih sandal atau sepatu untuk mendaki gunung yang tepat?

1. Perhatikan Ukuran Sandal
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat memilih sandal untuk mendaki yang tepat adalah ukuran dari sandal tersebut. Bila biasanya Anda menggunakan sandal atau sepatu yang biasa digunakan sehari-hari dengan nomor yang pas di kaki, untuk sepatu atau sandal pendakian tidak.
Anda harus memilih sandal dan sepatu yang ukurannya lebih kecil dari kaki Anda. Mengapa begitu? Sebab, sandal untuk mendaki ini memiliki bagian pinggir yang melebar sehingga saat Anda mengenakannya, maka tampak beberapa sandal tak akan tertutupi kaki walaupun nomor yang dipilih sama. Maka, sebaiknya saat beli coba dulu sandal tersebut.

2. Perhatikan Kekerasan Bahan
Selanjutnya, yang harus Anda perhatikan adalah kekerasan bahan dari sandal atau sepatu gunung tersebut. Tingkat kekerasan bahan sandal dan sepatu akan sangat mempengaruhi Anda saat melakukan pendakian. Jika umumnya Anda memilih menggunakan sandal yang empuk dan nyaman di kaki, maka saat pendakian tidak.

Pilihlah alas kaki yang tingkat kekerasannya lebih tinggi. Alas kaki yang seperti ini justru lebih bagus digunakan saat pendakian dibandingkan yang bahannya lembut seperti yang digunakan di kegiatan sehari-hari Anda. Mengapa bisa begini? Itu karena jalan yang akan Anda lalui selama pendakian gunung berbatu dan tidak mulus.

3. Pilih Jenisnya
Untuk sepatu, mungkin sepatu yang digunakan untuk mendaki sama saja. Sama-sama menutupi seluruh bagian kaki Anda untuk melindungi dari medan yang terjal. Namun, bila Anda memutuskan untuk menggunakan sandal, ada dua jenis sandal pendakian yang bisa Anda pilih. Pertama selop dan kedua jepit.

Anda bisa menyesuaikan mana sandal yang akan digunakan saat pendakian dengan selera Anda. Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Sandal jepit lebih nyaman digunakan namun lebih cepat putus. Sedangkan selop kurang nyaman karena mudah terlepas. Tapi, untuk keawetan, selop jauh lebih baik daripada jepit.

4. Perhatikan Grip
Terakhir, perhatikanlah bagian grip dari sepatu ataupun sandal yang Anda gunakan untuk mendaki. Grip, adalah bagian bergerigi yang ada di alas sandal ataupun sepatu yang Anda gunakan. Sebaiknya, pilihlah sandal atau sepatu yang memiliki grip yang baik dan cukup dalam.

Grip yang cukup dalam ini akan membuat Anda merasa nyaman saat melangkah di pendakian. Sebab, Anda akan terhindar dari risiko terpeleset saat mendaki. Apalagi bila medan yang Anda lalui cukup terjal dan curam. Grip pada alas kaki Anda akan sangat membantu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam memilih sandal ataupun sepatu gunung yang akan digunakan saat mendaki. Memilih sepatu yang pas penting hukumnya agar pendakian Anda berhasil. Bingung cari sepatu dan sandal yang tepat? Pilih sandal dan sepatu merek Eiger yang terbukti kualitasnya. Pendakian Anda dijamin sukses dengan ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Sandal Gunung yang Tepat saat Hiking"

Posting Komentar