Penting Untuk Diketahui! Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Si Kecil Demam

Penting Untuk Diketahui! Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Si Kecil Demam

Penting Untuk Diketahui! Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Si Kecil Demam

Memangnya apa hubungannya Mothercare Indonesia dengan penanganan saat si kecil demam? Jangan salah dulu, sebab Mothercare ini adalah penyedia perlengkapan bayi terlengkap di Indonesia, salah satunya adalah jaket bayi.

Perlu Bunda pahami bahwa sebenarnya demam ini bukanlah sebuah penyakit. Sebab demam ini umumnya adalah gelaja dari masalah yang mendasari demam itu sendiri. Maka dari itu tidak semua demam harus diobati.

Mesipun demikian, demam yang tinggi sudah pasti akan membuat si kecil tidak nyaman serta bisa menimbulkan permasalahan yang lebih serius. Apalagi untuk balita. Selain itu, kenaikan dari suhu tubuh seperti ini juga sering disertai dengan gejala-gejala lain, seperti halnya sakit kepala, kedinginan, badan terasa lemas, sehingga akan membuat si kecil menjadi semakin rewel.

Pertanyaannya sekarang adalah apa hubungannya jaket bayi dengan mengatasi demam pada anak?

Beberapa Penyebab Demam Pada Anak

Menurut American Academy of Pediatrics, umumnya demam pada anak disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini:

1.    Infeksi
Umumnya demam bisa terjadi disebabkan adanya infeksi maupun jenis penyakit lainnya. Jadi sederhananya, demam seringnya merupakan sebuah tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Jadi sebenarnya demam ini membantu tubuh menstimulasi mekanisme pertahanan alami.

2.    Menggunakan Pakaian Yang Terlalu Tertutup
Bayi, utamanya bayi yang baru lahir, ada yang mengalami demam pada saat dibedong terlalu rapat atau dalam sebuah lingkungan yang panas. Parahnya demam pada bayi yang baru lahir seperti ini dapat mengindikasikan adanya infeksi yang serius.
Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana jika cuacanya dingin? Apakah bayi tidak boleh digedong? Sebenarnya boleh-boleh saja, namun pilihlah jenis pakaian bayi yang tidak membuatnya merasa kepanasan. Contohnya saja seperti pakaian bayi kokeksi dari Mothercare Indonesia.

3.    Imunisasi
Umumnya setelah diimunisasi, bayi maupun anak-anak akan mengalami demam ringan.

Cara Cepat Menghangatkan Si Kecil Ketika Demam

Jika anak demam, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mejaganya supaya tidak sampai mengalami dehidrasi. Maka dari itu sangat penting untuk memberikan minum supaya terhindar dari dehidrasi.

Bahkan ketika anak tidak merasa haus sekalipun, cobalah Bunda untuk tetap memberikanya minum sedikit demi sedikit tapi sering. Selain itu mengompres anak juga sangat dianjurkan.
Upayakan untuk tidak mengunakan kompres dingin pada anak yang sedang demam, sebab hal ini bisa menyebabkan pembuluh darah yang ada di bawah kulit menjadi semakin menyempit (konstriksi).

Jika hal ini sampai terjadi, maka akan mengurangi hilangnya panas saja bukannya mengatasi demamnya. Jadi justru panas akan terperangkap di bagian-bagian yang lebih dalam lagi dari tubuhnya. Maka dari itu lebih baik Bunda menggunakan kompres dengan air matang saja.

Tingkatan Fase Demam Pada Anak

Dalam kondisi inilah kenapa jaket bayi bisa berperan penting untuk mencegah demam pada anak. Kenapa? Sebab secara umum demam pada anak ini memiliki tiga fase tingkatan.

Pertama adalah fase kedinginan, kedua adalah fase demam, dan ketiga adalah fase kemerahan. Pada dasarnya fase kedinginan ini merupakan awal dari peningkatan suhu tubuh anak yang umumnya ditandai dengan aktivitas otot yang kemudian akan menghasilkan panas berlebih.
Tetapi panas yang dihasilkan tadi justru akan menimbulkan sensasi rasa dingin yang berlebihan (anak menggigil kedinginan). Dengan menggunakan jaket bayi inilah fase berikutnya bisa dicegah.

Kenapa? Sebab jika fase pertama ini sudah bisa Bunda atasi dengan cara yang tepat maka bayi tidak akan mengalami tingkatan fase demam yang selanjutnya, yaitu demam itu sendiri.
Pada dasarnya, prinsip utama pada saat menghadapi demam pada anak adalah Bunda tidak perlu panik. Sebab sebenarnya demam tidak membahayakan jiwa. Maka dari itu Bunda tidak perlu panik terlebih dahulu.

Dan supaya demam anak tidak semakin parah, saat berada di tingkatan fase demam yang pertama untuk segera mengatasinya. Misalnya saja dengan mengunakan jaket bayi koleksi dari Morhercare Indonesia.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penting Untuk Diketahui! Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Si Kecil Demam"

Posting Komentar