8 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Merenovasi Kamar Mandi Anda

8 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Merenovasi Kamar Mandi Anda

8 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Merenovasi Kamar Mandi Anda

Keputusan untuk merenovasi kamar mandi mungkin datang dari keadaan kamar mandi yang sudah tidak nyaman lagi karena ubin-ubinnya yang retak atau warna dindingya yang sudah mulai kotor atau pudar karena terkena air terus-menerus. Dalam merenovasi, apakah Anda menginginkan kamar mandi kering atau kamar mandi yang mewah, fungsionalitas merupakan hal terpenting yang harus dikedepankan. Bacalah poin-poin di bawah ini untuk mempelajari trik untuk memiliki tempat penyimpanan yang lebih, meningkatkan pencahayaan dan drainase, dan lebih meyakinkan bahwa kamar mandi yang telah Anda renovasi dapat bertahan dalam waktu yang lama.

1. Pipa ledeng
Pipa ledeng pada perumahan pada umumnya menggunakan 3,8 cm pipa untuk aliran air. Anda akan terkejut berapa banyak rambut yang ikut dalam saluran air. Semakin besar saluran atau pipa pembuangan, semakin kecil kemungkinan pipa tersebut untuk tersumbat karena gumpalan rambut. Dengan begitu, sebaiknya Anda meng-upgrade pipa aliran air Anda menjadi 5 cm. 

2. Pencahayaan
Sebelum memilih lampu, sebaiknya Anda mempertimbangkan apakah Anda menginginkan pencahayaan yang mengedepankan estetika atau pencahayaan yang fungsional. Untuk nilai estetika, pertimbangkan cahaya-cahaya yang tersembunyi di langit-langit kamar mandi Anda untuk mencerahkan ruangan dengan cara yang dramatis. Pasang juga saklar dimmer (saklar yang bisa mengatur cahaya) agar Anda bisa menyesuaikan mood kamar mandi Anda. Untuk pencahayaan fungsional, saat Anda ingin melakukan make-up atau mencukur di kamar mandi, Anda memerlukan lampu yang sangat terang untuk membantu Anda melakukan hal tersebut secara close-up.

3. Toilet yang menggantung di dinding
Toilet dengan desain yang sangat futuristik ini sudah mulai populer dan digunakan akhir-akhir ini. Nilai plus dari toilet dengan desain ini adalah memberikan efek visual ruangan yang lebih luas karena tidak terdapat tangki air di bagian belakang toilet.

4. Jendela di kamar mandi
Memberikan jendela pada kamar mandi Anda merupakan hal yang bagus untuk dilakukan walaupun ada banyaknya pertimbangan tentang privasi. Oleh karena itu, pilihlah material kaca yang buram agar tetap aman.

5. Jenis shower
Jenis shower yang beredar di pasaran sudah bervariasi bentuknya. Dari shower dengan selang hingga shower yang dibenamkan di tembok. Dalam memilih shower, pilihlah jenis yang sesuai dengan desain kamar mandi Anda. Selain itu, penggunaan shower tanpa selang merupakan pilihan baru yang tepat untuk Anda aplikasikan pada kamar mandi karena alasan kepraktisan.

6. Lantai Shower
Dalam memilih lantai shower, sebaiknya Anda mementingkan alasan keamanan. Oleh karena itu, pilihlah ubin dengan tekstur. Selain itu, Anda bisa menggunakan ubin dengan ukuran yang lebih kecil agar pijakan kaki Anda terkendali.

7. Laci penyimpanan
Pertimbangkan memasaang meja rias di kamar mandi dengan laci tanpa pintu atau penutup. Dengan begitu, laci akan mudah diakses dan diatur.

8. Shower atau bak mandi?
Ketika Anda mempertimbangkan untuk menginstal shower atau bak mandi, sebaiknya Anda mementingkan dampak pemakaian dari masing-masing alat mandi tersebut. Shower merupakan pilihan yang tepat daripada bak mandi karena Anda dapat menghemat air.

Merenovasi kamar mandi sama seperti melakukan pembangunan pada bagian rumah lainnya. Pekerjaan ini juga membutuhkan ahli profesional yang hasil akhir renovasi kamar mandi Anda memuaskan. Selain itu Anda juga perlu menggunakan jasa tukang bangunan yang terpercaya yang dapat Anda temukan di Sejasa.com.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Merenovasi Kamar Mandi Anda"

Posting Komentar