Ini Dia Cara Paling Aman Gunakan E-Toll Card di GTO

Ini Dia Cara Paling Aman Gunakan E-Toll Card di GTO
Ini Dia Cara Paling Aman Gunakan E-Toll Card di GTO

E-Toll card adalah bagian dari milestone GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) dari Bank Indonesia. Dalam pelaksanaannya, pihak Jasa Marga menjadi Top of Mind masyarakat sebagai operator tol di Indonesia, di mana semua jalan tol adalah milik Jasa Marga. Sebenarnya, Jasa Marga adalah salah satu dari 22 operator BUJT (Badan Usaha Jalan Tol).

Dalam mekanisme penerapan gerbang tol otomatis, pihak Jasa Marga tidak mendapatkan keuntungan sama sekali dan sebatas sebagai pelaksana seperti operator lainnya. Sistem e-Toll card di gerbang tol otomatis bisa memudahkan pengguna jalan tol karena lebih praktis dan cepat. Lalu, bagaimana cara menggunakan e-Toll card? Inilah jawabannya.

  1. Pertama, pastikan bahwa nominal saldo di dalam e-Toll card masih ada dan cukup untuk melakukan pembayaran atas penggunaan jalan tol.
  2. Setelah tiba di gerbang tol otomatis, terdapat mesin yang berfungsi membaca kartu e-Toll yang digunakan untuk membuka gerbang tol. Tempelkan kartu di area mesin tersebut, yaitu di sekitar tulisan “Tempel di sini.” Tunggu dalam beberapa saat untuk proses yang dilakukan mesin.
  3. Setelah beberapa saat melakukan proses, selanjutnya muncullah nominal pembayaran penggunaan jalan tol yang dihitung sampai gerbang tol berikutnya. Apabila nominal di dalam kartu cukup untuk membayar, maka gerbang tol akan terbuka. Sebaliknya, jika uang di dalam kartu tidak cukup, maka pengguna diharuskan untuk membayar tol di gerbang non GTO dan kembali menggunakan uang tunai.
  4. Setelah gerbang tol otomatis terbuka, tarik kembali kartu pembayaran dari mesin tersebut.
  5. Ketika sudah sampai pada pintu keluar tol, serahkan kartu pembayaran kepada petugas guna melakukan pembayaran atas penggunaan jalan tol.
  6. Jangan lupa ambil kembali kartu, setelah pembayaran penggunaan tol selesai dilakukan.

Itulah cara aman menggunakan kartu pembayaran saat berada di gerbang tol otomatis tanpa penjagaan. Rangkaian cara menggunakan kartu pembayaran tersebut mulai dari awal memasuki tol hingga membayar penggunaan jalan tol bisa diterapkan. Hal yang terpenting, pastikan kartu Anda mempunyai stok saldo yang memadai.

Dalam pelaksanaannya, metode pembayaran secara non tunai ini mampu melancarkan sistem transportasi, yaitu tak perlu antri untuk membayar jasa jalan tol seperti pada sistem pembayaran tunai. Keefektifan waktu juga tercapai pada pembayaran dengan sistem non tunai tersebut.

Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dalam bentuk e-Toll merupakan suatu wacana yang direalisasikan mulai akhir tahun ini. Sejak 31 Oktober 2017, sistem pembayaran atas penggunaan tol diwajibkan menggunakan e-money. Pemberlakuan resmi ini ditentukan oleh pihak Bank Indonesia, bukan Jasa Marga sebagai salah satu operator jalan tol.

Dengan meratanya sistem GNNT ini, diharapkan pencatatan keuangan juga lebih baik dan akurat. Laporan keuangan bisa lebih jelas dan langsung masuk dalam kas negara. Sistem menjadi lebih efektif dan efisien. Agar aman dan nyaman saat menggunakan sistem e-money di GTO, sebaiknya memperhatikan cara penggunaan yang sudah dipaparkan di atas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Cara Paling Aman Gunakan E-Toll Card di GTO"

Posting Komentar