5 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Ketika Membangun Rumah Baru


Membangun rumah impian mungkin menjadi saat-saat yang paling  berharga di hidup Anda, sehingga Anda mungkin akan merasa sangat gembira dan antusias untuk memulainya. Bisa jadi kesempatan ini menjadi satu-satunya seumur hidup Anda. Namun tidak demikian halnya dengan pihak kontraktor atau tukang bangunan. Bagi mereka, membangun rumah adalah sebuah rutinitas yang bisa saja telah membuat mereka merasa sedikit jenuh. Inilah mengapa setiap pekerjaan bangun rumah harus selalu diiringi dengan kontrol yang baik dari kliennya, dalam hal ini, Anda. Dengan begitu, rumah impian Anda dapat benar-benar terwujud menjadi kenyataan.

Di samping itu, proses pembangunan rumah juga membutuhkan Anda untuk selalu aktif terlibat karena banyak keputusan yang memang harus dibuat oleh Anda sendiri, dan bukan pihak kontraktor. Namun, apabila Anda tidak ingin ikut campur sama sekali dengan segala urusan pembangunan rumah dan hanya ingin terima jadi, Anda harus bersiap untuk mendapatkan hasil terburuk, seperti pekerjaan molor, biaya membengkak, atau rumah selesai namun tidak sesuai dengan apa yang Anda bayangkan sebelumnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang akan mempengaruhi upaya pengambilan keputusan dalam setiap pekerjaan pembangunan rumah Anda, seperti:

1. Ketahui bujet yang Anda miliki

Sebelum Anda membangun rumah, pertama-tama rencanakan segala hal yang berhubungan dengan angka, seperti banyaknya material yang perlu dibeli, biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli material tersebut, juga biaya untuk membayar upah para tukang bangunan, apakah sistem upah harian atau borongan kah yang ingin Anda terapkan. Jika Anda mengalami beberapa kesulitan menentukan rencana keuangan ini, Anda dapat berkonsultasi dengan pihak kontraktor untuk penyusunan RAB yang baik.

Jika RAB telah jadi, dan Anda telah yakin bahwa uang Anda cukup untuk mengcover-nya, barulah Anda boleh meletakkan batu pertama rumah Anda.

2. Cek reputasi kontraktor atau tukang bangunan yang Anda gunakan

Banyak kontraktor dan tukang bangunan di luar sana, namun kualitas mereka tentu berbeda antar satu sama lain. Sebelum Anda menyerahkan pembangunan rumah impian pada suatu pihak kontraktor, pastikan Anda mengetahui reputasi kontraktor tersebut. Cari tahu segala pekerjaan yang telah mereka kerjakan sebelumnya, dan bagaimana review yang diberikan klien-klien mereka. Cek juga portfolio mereka agar Anda semakin yakin bahwa, “Ya, inilah yang benar-benar saya cari.”

3. Miliki mindset “dibangun untuk dijual”

Ketika membangun rumah, jauhi pikiran “yang penting jadi”, namun pakailah konsep “dibangun untuk dijual”, karena secinta apapun Anda pada rumah Anda, sangat mungkin rumah itu bukan menjadi rumah terakhir yang pernah Anda miliki. Mengetahui hal ini, Anda tentu harus memperhatikan nilai jual kembali potensialnya. Hal ini bukan berarti Anda harus menambahkan begitu banyak upgrade. Memang harga jual kembalinya akan menjadi lebih tinggi, namun dibanding dengan rumah lain di kompleks tempat tinggal Anda, rumah Anda akan menjadi overprice, sehingga tidak akan begitu diminati calon pembeli rumah. Juga, jangan memilih apapun yang terlalu tidak biasa. Tanyakan pada diri Anda apakah fitur yang Anda pertimbangkan untuk dipasang kemungkinan akan menarik juga bagi orang lain.

4. Ramah lingkungan

Di era di mana global warming sudah semakin menjadi isu, Anda juga harus berpartisipasi melestarikan lingkungan, dimulai dari rumah yang Anda bangun. Pastikan Anda mencari berbagai informasi untuk dapat memaksimalkan efisiensi energi dalam perancangan rumah Anda. Arsitek dan tukang bangunan juga dapat membantu memastikan bahwa segala aspek di rumah Anda akan sesuai dengan segala unsur alam, seperti jendela yang menghadap selatan sehingga Anda mendapatkan sinar matahari sebanyak mungkin.

5. Monitor secara berkala dan buat catatan

Bagian dari tahap akhir membangun rumah baru adalah membahas "punch list". Punch list adalah semacam daftar yang dibuat pada setiap akhir tahap konstruksi yang menunjukkan apa yang masih perlu dilakukan atau apa yang perlu diperbaiki pada tahap konstruksi selanjutnya. Jadi, lakukanlah pemantauan dan pongontrolan secara berkala, dan buat catatan yang memuat apa saja yang telah dibuat, sedang dibuat, dan akan dibuat, sehingga dalam kunjungan Anda selanjutnya, Anda akan tahu sejauh apa kontraktor Anda telah bekerja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Ketika Membangun Rumah Baru"

Posting Komentar