Waspada Peretasan Akun! Hindari 5 Kebiasaan Umum Ini Saat Berinternet

Waspada Peretasan Akun! Hindari 5 Kebiasaan Umum Ini Saat Berinternet

Peretasan akun merupakan persoalan terkini yang sudah dihadapi oleh para pengguna internet. tidak sedikit kasus pencurian data pribadi yang berakibat fatal dan sangat merugikan. Banyak di antara mereka yang harus rela kehilangan akun pribadi karena dibajak oleh hacker. Tentu hal tersebut ada asal muasalnya. Bisa jadi 5 kebiasaan umum ini menjadi penyebabnya. Untuk itu, hindarilah 5 kebiasaan ini. apa sajakah itu? simak penjelasannya berikut ini.

1. Mengakses Data Penting di Wifi Publik

Jaringan wifi publik memang disediakan untuk siapapun agar berinternet secara mudah, cepat, dan tanpa biaya. Tiga kelebihan wifi publik tersebut ternyata berbanding terbalik dengan satu kerugian ini. Akses melalui wifi publik harus sangat berhati-hati. Saat mengakses internet dari jaringan wifi publik, jangan membuka situs privasi, seperti transaksi e-banking. Hal ini bisa berakibat data informasi pribadi diretas.

2. Asal Mengisi Formulir Online

Saat mengakses internet tiba-tiba muncullah pemberitahuan untuk mengisi formulir secara online. Pernahkah mengalaminya? Kebiasaan untuk asal mengisi, sebaiknya tidak dilakukan. Formulir yang tidak jelas arah tujuannya bisa dinilai mencurigakan dan sebaiknya tidak dihiraukan apalagi diisi. Formulir online yang tidak dikenal tersebut bisa menjadi alat untuk meretas akun Anda jika diisi dengan data-data Anda.

3. Password Sama di Seluruh Akun

Penggunaan password yang sama ke berbagai akun pribadi dengan alasan takut lupa password adalah kebiasaan umum yang harus ditinggalkan mulai detik ini. Mengapa? Terdapat terlalu banyak risiko yang ditanggung apabila Anda menerapkan password yang sama di setiap akun. Apabila salah satu akun berhasil diretas, maka akun lainnya pasti akan diketahui juga.

4. Asal Mengunggah Data Pribadi

Mengunggah data pribadi ke situs online merupakan kebiasaan umum yang sudah menjadi pola umum di era milenial ini. Setiap orang akan upload foto, video, ataupun informasi pribadi lainnya di akun pribadinya. Bahkan, ada juga yang asal mengunggah data pribadi ke website, blog, ataupun media sosial. Hal ini perlu dihentikan, di mana Anda perlu memilah dan memilih hal-hal yang boleh diunggah dan yang tidak. Semua ini demi keamanan data pribadi Anda.

5. Asal Menyetujui Privacy Policy

Asal menyetujui privacy policy adalah kebiasaan umum yang salah. Dalam mengakses internet di era serba canggih ini benar-benar memerlukan kejelian. Pada saat akan mengunduh software atau mengakses website, terkadang terdapat privacy policy disertai segenap ketentuannya. Karena malas membaca setiap poinnya, Anda justru langsung mengeklik tombol accept. Bisa jadi tombol ini bukan tombol yang sebenarnya dan justru dapat meretas akun pribadi.
Jiwa tidak waspada dalam melakukan akses internet, maka tidak menutup kemungkinan jika akun pribadi Anda bisa diretas. Untuk itu, cobalah untuk berhati-hati mulai sekarang. 5 kebiasaan umum tersebut sebagai informasi bagi Anda dan bisa digunakan sebagai perhatian bagi Anda. Peretasan akun memang sangat merugikan dan sudah seharusnya dicegah. Intinya, selalu waspada setiap kali berinternet.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada Peretasan Akun! Hindari 5 Kebiasaan Umum Ini Saat Berinternet"

Posting Komentar