5 Bahaya Lensa Kontak yang Jarang Diketahui Penggunanya

Tren menggunakan lensa kontak memang membuat penampilan seseorang terlihat lebih keren dan fashionable. Tak hanya wanita, kaum pria pun kini banyak yang menggunakannya. Ada warna coklat alami seperti mata orang Indonesia pada umumnya, adapula warna yang mencolok, seperti biru, hijau, abu-abu, hingga merah. Sayangnya, sebagian besar pengguna belum paham betul bahaya lensa kontak yang mengintai mereka.
Lensa kontak ini awalnya digunakan oleh mereka yang memiliki kelainan mata tapi tidak ingin mengenakan kacamata. Hal ini dianggap lebih praktis serta sesuai dengan tren perkembangan style dan fashion. Namun jika digunakan dalam jangka lama, dapat menyebabkan efek samping yang justru membahayakan mata. Apa saja bahayanya? Berikut ini 5 di antaranya yang harus Anda tahu.

1. Infeksi dan Peradangan

Kurangnya pemahaman dalam hal pemakaian dan perawatan lensa kontak justru mengundang masalah baru pada mata. Ketidakhigienisan mengakibatkan infeksi dan bekas luka di bagian kornea dan retina. Gatal karena kuman dan bakteri ini akan memperparah mata saat dikucek, lalu jika terasa gatal, terbakar, atau mengeluarkan cairan berlebih, itu menunjukkan gejala bleparitis, yaitu radang pada kelopak mata.

2. Sensitifitas Menurun

Pemakaian jangka lama menyebabkan sensitifitas mata menurun. Objek yang dilihat akan tampak blur (tidak fokus), baik itu yang jauh maupun dekat. Mata pun menjadi mudah silau saat berada di tempat terang atau saat terkena paparan sinar matahari langsung. Jika hal ini dibiarkan, lensa mata akan mengalami iritasi dan infeksi berkelanjutan.

3. Edema

Penggunaan jangka lama dari lensa kontak juga berisiko terkena edema, yaitu mata mengalami kekurangan oksigen sehingga menjadi mudah lelah dan berujung pada peradangan. Jika hal ini dibiarkan, daya ingat menurun dan penglihatan tampak blur. Meskipun saat ini telah tersedia lensa kontak yang dibuat khusus agar oksigen dapat masuk secara bebas pada kornea, tetap masih belum mencukupi.


4. Keratitis

Bahaya lainnya yang perlu diwaspadai dari penggunaan lensa kontak ini yaitu peradangan pada kornea mata akibat infeksi Adenovirus sp. yang ditularkan dari lensa kontak tersebut. Gejala yang muncul berupa pembengkakkan di sekitar bola mata, hingga berwarna merah dan mengeluarkan cairan berlebih.

5. Kebutaan Permanen

Bahaya ini adalah salah satu dampak terparah dari penggunaan kontak lensa yaitu kebutaan. Hindari lingkungan bersuhu tinggi, karena dapat menyebabkan cairan plastik lensa kontak meleleh sehingga merekat kuat di mata dan sulit untuk dilepaskan. Cairan yang masuk ke mata ini juga dapat merusak jaringan higga menyebabkab kebutaan permanen.
Sebagai indera yang sensitif, maka bijaklah sebelum memutuskan untuk menggunakan lensa kontak agar tidak mengganggu kinerja mata. Bersihkan lensa kontak dengan air steril dan cuci tangan dengan air hangat lalu lap bersih sebelum menyentuhnya. Bagi Anda yang memiliki mata normal, warna alami mata adalah yang terbaik untuk Anda. Konsultasikan sebelumnya dengan dokter mata, agar bahaya lensa kontak dapat dihindari.

Baca artikel "Cara Membuat Web"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Bahaya Lensa Kontak yang Jarang Diketahui Penggunanya"

Posting Komentar