12 Tanggung Jawab Istri Terhadap Suami

1. Menghayati Fungsi Istri Terhadap Suami.

seorang wanita yang menjadi istri haruslah dapat memfungsikan diriny laksana perhiasan yang melekat pada diri pemakainya. Istri harus selalu menjadi penyejuk, penyedap, pesona dan pemberi semangat hidup bagi suaminya, laksana perhiasan emas yang menempel pada diri seorang wanita.

2. Menjadi Wakil Dalam Keluaga

Selama suami berada dirumah, maka tanggung jawab pengurusan keluarha da pada suami. Tetapi bila suami tidak di rumah, maka istri mengambil alih pimpinan rumah tangga tersebut. Ini berarti istri harus mengelola dan menjalankan urusan rumah tanggga sepenuhnya. Harta kekayaaan suami dan anak-anak yang di tinggal oleh suami harus dijaga dan dipelihara dengan baik. Uang yang di serahkan suami selama ditinggal oleh suami harus secara bertanggung jawab. Tanggung jawab itu diberikan kepada suami ny kelak bila pulang kembali kerumah.

3. Mentaati Perintah Suami dalam Kebenaran

Perintah yang harus dilakukan oleh istri itu tentulah yang sanggub ia lakukan sesuai kemampuannya. Jika ternyata suami menyuruh mengerjakan sesuatu yang tidak mampu dilaksanakan oleh istri, maka suami tersebut telah berlaku dhalim. Istri haruslah berterus terang kepada suaminya. Jika ia tidak sanggub melaksanakannya, hendaklah ia tidak diam saja. Karena jika ia diam saja, tentu suaminya menganggabnya mampu. Bila kemudian perintah tersebut tidak dilaksanakan karena istri tidak mampu tetapi tidak diberitahukan kepada suaminya, maka ia bisa di anggab durhaka oleh suminya. Kesalahpahaman semacanm ini bisa menimbulkan pertengkaran antara suami istri.

4. Meringankan Beban Mahar Suami

Allah memerintahkan setiap suami untuk membayar maskawin kepada istrinya. Maskawin (mahar) ini merupkan hak istri. Besar kecilnya mahar memang dapat dibicarakan antara pihak calon suami dan calon istri, tetapi kewenagan utama ada pada pihak istri atau calon istri.

5. Melayani kebutuhan seksual Suami

 Setelah seorang laki-laki dan wanita mengadakan ikatan pernikahan, maka kedua pihak saling berkewajiban untuk memenuhi tanggung jawabnya dalam melayani kebutuhan seksualnya ini, suami butuh dilayani dan istri butuh dipenuhi dorogan seksualny.

6. Meringankan Beban Balanja Suami

 Seorang istri behak memperoleh belanja cukup dari suaminya. Suami wajib memberikan belaanja minum dan pakaian sebaik-baiknya. Jumlah nafkah ini dapat di tentukan besarnya sesuai kebutuhuhan dan kemampuan seuami.

7. Memelihara dan Mengasuh Anak Suami

 Seorang suami terkadang membawa anak dari istriny yang dahulu. Hubungan anak ini dengan istri baru ada lah sebagai anak tiri. Walaupun kepada anak tiri, ibu tiri berkewajiban untuk memperlakukannya dengan kasih sayang sebagaimana anak kandungnya sendiri terutama jika anak tiri masih belum baligh.

8. Membantu Kehidupan Agama suami

Dalam ajaran Islam seorang istri tidak boleh acuh tak acuh terhadap kehidupan agama suaminya. Jika suaminya menyalahi ajaran agama, ia wajib meluruskannya. Jika suami memusuhi dakwa Islam, ia wajib mengehentikannya. Dan jika suami menegakkan kehidupan islam, maka ia wajib membantunya. Bila pengetahuam suami tentang Islam kurang, sedangkan istri bnyak tahu, maka ia wajib terus-menerus balajar agama agar dapat membantu suaminya dalam menegakkan kehidupan beragama.

9.Membantu Jihat Suami

Seorang istri muslimah, haruslah menyadari bahwa kewajiban suami menegakkan agama Allah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan lebih dahulu dan lebih diutamakan dari pada kewajiban kepada kelaurganya. Bila seorang laki-laki mukmin dihadapakan pada pilihan antara kepentingan jihad dan keluarga, maka yang harus ia utamakan adalah kepentingan jihad. istri yang manyadari tanggung jawab suami semacam ini, wajib merelakan suaminya memenuhi panggilan jihad terlebih dahulu. Demikianlah, karakter seorang istri yg shalihah. ia dapat menjadi istri di dunia sampai kelak di surga.

10.Berdandan Untuk Mengairahkan Suami

Pemiliharaan kemolekan tubuh bagi seorang istri sangat berpengaruh untuk menjaga berlanjutny daya tarik terhadap suaminy. Sebab oleh pengaruh keadaan di luar, mungkin sekali timbul keingatan suami agat istriny selalu kelihatan montokseperti wanita-wanita lain yang sering dilihatnya di luar. Penampilan jasmaniah sering berpengaruh dalam membangkitkan gairah atau menurunkan gairah suami

11. Memelihara Harga diri dan Harta Suami

Menjaga hargta suami dan memelihara kehormatann pada saat suami tidak di rumah. Taat artinya mengikuti perintah yang benar, yang tidak berlawanan dengan ketentuan agama. Mengikuti perintah-perintah suami yang berlawanan dengan ketentuan agama, tidak dikatakann  taat menurut Allah dan Rasul-Nya, tetapi dikatakan durhaka terhadap Allah dan Rasul-Nya.

12. Mendahulukan Kepentingan Suami dari pada Kepentingan Ibu Bapakny sendiri

 Seorang istri, sekalipun kaya dan bekerja, sedang suaminya miskin dan tidak mempounyai perkerjaan tetap, bahkan istrinya turunt menutup kebutuhan belanja keluarga, tetap berkewjiban mendahulukan kepentingan suami daipada kepentingan kedua orang tua istri. Rasulullah saw. telah menegaskan bahwa yang punya hak terbesar kepada istri adalah suaminya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Tanggung Jawab Istri Terhadap Suami"

Posting Komentar